Nusa Penida

Indonesia

Nusa Penida

Melihat tebing-tebing tinggi di tengah birunya laut, pantai berpasir putih yang cantik, hingga berfoto di rumah pohon dengan latar batuan karst, siapa yang tidak mau? Destinasi-destinasi wisata semacam ini dapat anda temukan di Pulau Penida.

Nusa Penida adalah sebuah wilayah Kecamatan yang berada di Kabupaten Klungkung – Bali. Kecamatan Nusa Penida sendiri terpisah oleh lautan dari pulau Bali atau dipisahkan oleh selat Badung. Wilayah Kecamatan tersebut terdiri dari 3 buah pulau, yaitu Nusa Gede atau dikenal juga dengan pulau Nusa Penida, kemudian Nusa Lembongan dan paling kecil adalah  Nusa Ceningan.

 

Pada halaman ini akan dikemas info tentang keberadaan tempat-tempat wisata populer dan hits yang ada di pulau tersebut. Saat ini, pulau Nusa Penida di Klungkung ini menjadi tujuan liburan dan destinasi tour wajib bagi wisatawan yang sedang berada di pulau Bali. Nusa Penida dulu yang kurang begitu dikenal, sekarang menjadi primadona bagi wisatawan.

 

Karena dipisahkan oleh laut, alat transportasi menuju pulau Nusa Penida Klungkung bisa dengan perahu tradisional baik itu dari dermaga Kusamba, Sanur dan Padangbai. Ada juga speed boat atau fast boat (kapal cepat) yang merupakan alat transportasi favorit wisatawan speed boat tersebut berangkat dari dermaga Sanur, Pesinggahan dan Padang Bai. Sehingga, tour anda ke sejumlah objek wisata di Nusa Penida bisa lebih mudah.

 

Moda transportasi utama menuju menuju pulau Penida dengan kapal Roro Nusa Jaya Abadi yang berangkat dari pelabuhan Padang Bai. Dari dataran utama Bali, begitu banyak pilihan transportasi menuju pulau itu. Untuk kapal Roro berlabuh di pelabuhan Nusa Penida, sedangkan kapal kecil seperti speed boat dan perahu sampan di dermaga pantai Toya Pakeh. Dari setiap pelabuhan di Nusa Penida terdapat berbagai layanan tour dan sewa mobil yang bisa mengantar anda ke sejumlah objek wisata yang diinginkan.

 

Seperti namanya, Nusa Penida juga dikenal dengan nama Nusa Gede, pulau itu paling besar di antara ketiganya. Pulau Nusa Penida Klungkung memiliki sejumlah destinasi dan objek wisata unggulan, walaupun perkembangan industri pariwisata disini masih di bawah pulau Nusa Lembongan, namun sekarang Nusa Penida sudah mulai dilirik oleh wisatawan, termasuk juga orang-orang lokal yang ingin melakukan kegiatan persembahyangan (Tirta Yatra).

 

Warga lokal Bali menjadikan pulau Nusa Penida Klungkung ini sebagai tujuan wisata spiritual cukup populer, ditambah sejumlah keindahan tampil unik dan berbeda. Selain indah untuk dipandang tetapi juga top untuk anda nikmati dari dekat dan bersentuhan langsung dengan alam seperti menikmati segarnya air laut baik itu untuk mandi, diving, snorkeling dan surfing.

 

Ada sekitar sembilan objek wisata utama yang biasa dikunjungi wisatawan di Nusa Penida. Antara lain, sebagai berikut:

1. Pasih Uug a.k.a Broken Beach

Susah menemukan kata-kata yang tepat menggambarkan keistimewaan berada di spot seperti ini. Pemandangannya, batu karangnya, dan yang pasti nuansa dan atmosfer yang disuguhkan memang luar biasa. Di sini, kalian juga bisa mendapatkan spot yang asyik untuk berfoto dan menambah koleksi di akun Instagram. Ingin berenang di bawah karang? Sangat tidak direkomendasikan. Bukan hanya karena batu karang tajam yang mengancam, tapi juga ombaknya yang cukup berbahaya. Walau demikian, ada juga yang mencoba menantang maut, lho!

 

2. Raja Lima, Bukit Atuh

Jika pergi ke Raja Ampat terlalu sulit bagi kalian, kenapa tak berkunjung ke Raja Lima, Bukit Atuh, Nusa Penida? Well, ada gugusan karang memesona yang bisa dilihat dari kejauhan. Pasir putih yang lembut juga ada di bibir pantainya. Kalian juga bisa merasakan keajaiban di sini, yaitu menyaksikan mata air di pinggir laut yang tidak terasa asin dan tak pernah kering. Magic!

 

3. Angel’s Billabong

Salah satu spot wisata di Nusa Penida yang Instagramworthy banget! Bayangkan, Anda bisa berbagi tempat dengan para bidadari untuk bermain air di antara batu karang tajam, di tengah kolam alami dengan air yang jernih dan pemandangan yang keren. Asyik sekali, bukan?

 

4. Pasih Andus a.k.a Smoky Beach

Pantai berbatu karang memang berbahaya sebagai tempat berenang, tapi masih ada daya tarik tersendiri yang bisa kalian nikmati kala berwisata di Nusa Penida. Di Pasih Andus, alias Smoky Beach, kencangnya ombak yang menghantam bebatuan karang memunculkan waterblow dan cipratan yang istimewa. Kalau ingin mengabadikan momen tak biasa ini dengan kamera, dibutuhkan teknik dan angle khusus untuk menjadikannya spesial. Tapi dijamin, siapa pun yang bisa memenuhi tantangan tersebut, hasilnya akan luar biasa.

 

5. Crystal Bay

Kalau ingin menikmati alam bawah laut Nusa Penida, Crystal Bay adalah salah satu spot yang direkomendasikan untuk itu. Airnya yang jernih, ombak yang tenang dan gugusan terumbu karang yang indah menjadi alasan tersendiri mengapa kalian harus mampir di tempat ini. Beragam flora dan fauna laut juga akan memberi warna tersendiri untuk pengalaman diving, atau snorkeling kalian. Salah satu bukti lain banyak tema wisata di Nusa Penida. Crystal Bay juga menawarkan pesona panorama pantai yang keren abis. Bersantai di atas pasir putih yang lembut, di antara pepohonan kelapa yang teduh, asyik banget, lho!

 

6. Pantai Kelingking

Ada pemandangan luar biasa indah yang tersembunyi di balik terjal dan kokohnya tebing di Nusa Penida. Dari puncak bukit, kalian bisa melihat liukan batu karang yang kokoh. Namun bila diperhatikan lebih seksama, di bawahnya terdapat pantai berpasir putih dengan nuansa alami yang luar biasa. Perpaduan air laut yang biru, pasir pantai yang putih dan batu karang berwarna hijau, hitam dan putih membuat mata dimanjakan dengan keindahannya.

 

7. Manta Bay

Tak ada salahnya menikmati alam bawah laut kala berwisata di Nusa Penida karena kalian akan mendapatkan pengalaman yang istimewa, termasuk mengejar ikan pari (manta). Di Manta Bay, yang letaknya tak jauh dari pantai Kelingking, kalian bisa melakukan diving ditemani dengan ikan pari Manta, yang dikenal sangat ramah dan suka bermain di antara para diver.

 

8. Pantai Suwehan

Bagi kalian yang kerap mengamati seni wayang, pasti akrab dengan gunungan. Di Pantai Suwehan, bentuk gunungan terse but terlihat nyata dalam bentuk batu karang. Berdiri kokoh di depan pasir putih Pantai Suwehan, gunungan yang dinamai Batu Jineng ini menjadi spot paling dicari karena bentuknya yang ikonik.

 

9. Teletubbies Hill

Spot wisata di Nusa Penida bukan sekadar pantai, karang dan laut. Ada juga perbukitan yang keren karena lanskapnya yang tidak biasa. Berada di wilayah Tanglad, kontur perbukitan yang ‘lucu’ ini lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies. Alasannya, ya karena memang bentuknya seperti daerah tempat Tinky Winky, Dipsy, Lala dan Pooh bermain. Jangan lewatkan untuk berfoto di sini, ya!

 

Good To Know

Country

Indonesia

Visa Requirements

Visa in not needed for Southeast Asia citizens. Everyone else need a visa.

Languages spoken

Bahasa

Currency used

Rupiah

Area (km2)

202,8 km2

Nusa Penida

Nusa Penida adalah sebuah pulau (=nusa) bagian dari negara Republik Indonesia yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya di antaranya terdapat di Crystal BayManta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

 

Perbukitan dan kapur karang merupakan kondisi tanah di pulau ini, salah satunya gunung bukit tertinggi bernama Gunung Mundi yang terletak di Kecamatan Nusa Penida. Sumber air adalah mata air dan sungai hanya terdapat di wilayah daratan Kabupaten Klungkung yang mengalir sepanjang tahun.

 

Desa – desa pesisir nusa penida di sepanjang pantai bagian utara berupa lahan datar dengan kemiringan 0 – 3 % dari ketinggian lahan 0 – 268 m dpl.

 

Sedangkan di Kecamatan Nusa Penida sama sekali tidak ada sungai. Sumber air di Kecamatan Nusa Penida adalah mata air dan air hujan yang ditampung dalam cubang oleh penduduk setempat. Kabupaten Klungkung termasuk beriklim tropis. Bulan-bulan basah dan bulan-bulan kering antara Kecamatan Nusa Penida dan Kabupaten Klungkung daratan sangat berbeda.

 

Infrastruktur wisata dan pengembangan akses ke lokasi destinasi wisata sudah mulai tumbuh di Bali 3 nusa ini. Keramahan lokal akan anda temui di setiap sudut Bali 3 nusa ini yang memiliki populasi 46.749 jiwa (8.543 KK) pada sensus 2010, meliputi 202,8 km2 yang sudah mulai banyak mengalami perubahan sejak 10 tahun belakangan ini.

 

Secara administratif, kecamatan di Kabupaten Klungkung ini terdiri dari 4 kecamatan besar (Kecamatan Klungkung, Kecamatan Banjarangkan, Kecamatan Dawan dan Kecamatan Nusa Penida). Kecamatan Nusa Penida terdiri dari tiga kepulauan yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan, dan terdiri dari 16 Desa Dinas. Pulau Nusa Penida bisa ditempuh dari empat lokasi dermaga.

 

Sekurangnya yang diketahui ada 6 dermaga/pelabuhan berbeda-beda untuk setiap perusahaan kapal cepat dari Sanur menuju Nusa Penida berlabuh. Pelabuhan di Nusa Penida tersebut di antaranya adalah:

    1. Pelabuhan Toya Pakeh
    2. Pelabuhan Buyuk
    3. Pelabuhan Br. Nyuh
    4. Pelabuhan Mentigi
    5. Pelabuhan Sampalan (Ferry)
    6. Pelabuhan Lembongan
Hubungi Kami whatsapp